J
|
ika
mau melihat bagaimana gambaran dari gaya neorealisme ala Italia, menonton film
“The Bicycle Thieves” merupakan salah satu pilihan yang tepat. Film yang
disutradarai oleh Vittorio de Sica ini dibuat pada tahun 1948 pasca perang
dunia II dan dikenal sebagai film yang telah mendapatkan banyak penghargaan. Film-film
dengan gaya neorealisme biasanya identik dengan gambaran mengenai kemiskinan,
ketidakadilan, keputusasaan, pengangguran sesuai dengan kondisi sehari-hari warga
Italia pasca perang dunia II. Begitu pula dengan film “The Bicycle Thieves” ini
yang juga mengangkat tema-tema tersebut.
Apa
yang menarik dan unik dalam film ini? Film “The Bicycle Thieves” menggunakan
aktor non profesional dalam filmnya, seperti pemeran tokoh Antonio Ricci yaitu Lamberto
Maggiorani, ia adalah seorang pekerja pabrik. Hal ini tentu sangat berbeda
dengan film-film buatan Hollywood yang biasanya menampilkan aktor atau aktris
ternama agar filmnya laris di pasaran. Pemakaian aktor non profesional dalam
film ini sebenarnya ingin memunculkan efek kehidupan yang real, kehidupan yang apa adanya yang terjadi di kehidupan
masyarakat Italia pada masa itu. Jadi, si pemain bukan memainkan suatu peran,
tetapi ia memang menggambarkan sisi kehidupan mereka sehari-hari. Alur dan ide
cerita di dalam film sangatlah simple bahkan
sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Selain itu, ending cerita dalam film ini terkesan
menggantung. Sepertinya ending cerita
tidak terlalu penting untuk digambarkan dalam film ini sehingga membuat para
penonton menebak-nebak sendiri apa ending
dari film ini.
Karena film gaya neorealisme ini
selalu identik dengan penggambaran kehidupan keseharian yang nyata dan apa
adanya, maka untuk memberikan penggambaran real
life tersebut film “The Bicycle Thieves” ini menggunakan setting tempat seperti di jalan-jalan,
gereja, rumah bukannya di studio. Film ini juga tidak menggunakan setting properti yang berlebihan, tetapi
menggunakan properti yang apa adanya. Film Italia pada masa pasca perang dunia
II biasanya menggunakan teknik available
light yaitu pencahayaan menggunakan sumber cahaya yang ada dan seadanya,
maka film “The Bicycle Thieves” ini memang sengaja lebih banyak menceritakan
peristiwa pada setting waktu siang
hari karena kebutuhan sinar matahari untuk membantu penyinaran objek. Sedangkan suasana yang tergambarkan dalam film ini sebagian
besar memberikan efek murung, sedih, keputusasaan. Suasana dalam film ini
sangatlah penting untuk menggambarkan bagaimana kehidupan atau kondisi
orang-orang Italia dalam menghadapi kemiskinan dan keputusasaan yang melanda
mereka.
Film ini sebenarnya ingin mengatakan
“Ini lho Italia pasca perang” dengan
menggambarkan potret kehidupan sehari-hari warga Italia pasca perang dunia II
yang identik dengan kemiskinan, pengangguran, keputuasaan, dan ketidakadilan.
Potret kehidupan ini terlihat pada adegan antrean wanita mengambil air, antrean
panjang di tempat pegadaian barang bekas demi kebutuhan uang, anak kecil yang
meminta-minta di jalan, bahkan tergambarkan pada tokoh Bruno yang harus rela
menghabiskan masa kecilnya untuk bekerja. Kehidupan seperti itulah yang tidak
menutup kemungkinan untuk membuat seseorang melakukan tindakan kriminal seperti
mencuri. Masalah moralitas ini pun tergambar pada tokoh Antonio yang memutuskan
untuk mencuri sepeda ketika ia sudah putus asa tidak bisa menemukan sepedanya
yang hilang. Film “The Bicycle Thieves” yang merupakan salah satu film dengan
gaya neorealisme Italia ini merupakan film penting pada masanya karena
penggambaran neorealisme dalam film tersebut dapat dijadikan sebagai pemicu semangat
kebangsaan warga Italia pasca perang dunia II untuk melawan kemiskinan dan
ketidakadilan di Italia. Dengan adanya film “The Bicycle Thieves” yang
beraliran neorealisme ini, negara-negara lain pun dapat melihat gambaran kondisi
yang terjadi di Italia pasca perang. Selain itu, film “The Bicycle Thieves”
dengan gaya khas neorealismenya memberikan warna tersendiri bagi perindustrian
film di dunia.
Tulisan By : Lia Titi Malinda
*Dilarang keras mengcopy paste tanpa seijin penulis
Referensi :
Diunduh
dari http://klubkajianfilmikj.wordpress.com/2009/04/30/neorealisme-menurut-andre-bazin/,
diunduh pada 29 Oktober 2012 pukul 05.04 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar